Membangun sistem informasi online tanpa membuat Anda bangkrut

Sistem Kerjasama Operasional

Sistem Kerjasama Operasional (SKO)

Membangun Sistem Informasi di Perguruan Tinggi tanpa Membuat Bangkrut

Sistem informasi di perguruan tinggi sudah tidak bisa dipungkiri menjadi faktor yang sangat penting untuk menuju good corporate governance. Namun ada beberapa kendala yang biasanya dihadapi perguruan tinggi untuk mewujudkannya.

Jika Anda menghadapi permasalahan ini

Anda membutuhkan kami

Permasalahan

Biaya pengembangan yang tinggi

Pengembangan sistem informasi pada umumnya akan membutuhkan biaya yang besar karena tingginya biaya jasa konsultan pengembang

Solusi

Biaya operasional

Alih-alih menerapkan biaya pengembangan yang tinggi, kami menggunakan biaya operasional yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan kontrak kerjasama. 

Dengan sistem ini, perguruan tinggi tidak membutuhkan biaya pengembangan, tetapi di saat yang sama sistem informasi tetap bisa dikembangkan. 

Permasalahan

Sistem yang perlu penyesuaian

Seringkali sistem informasi tidak selalu sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena kurangnya kesesuaian pemahaman antara pengguna dan pengembang ketika melakukan pengembangan, atau pun karena adanya perubahan kebijakan di perguruan tinggi yang menyebabkan harus disesuikannya sistem informasi.

Hal ini tentu saja akan menjadi masalah jika kontrak kerja pengembangan sudah berakhir. Untuk meminta dilakukannya penyesuaian akan diperlukan biaya lagi.

Solusi

Penyesuaian setiap saat

Dengan SKO, sistem yang dikembangkan menjadi tanggung jawab kami sebagai pengembang. Setiap saat kami akan melakukan penyesuaian, perbaikan bahkan pengembangan jika perguruan tinggi memerlukannya.

Tidak ada kekhawatiran lagi akan adanya ketidaksesuaian sistem karena kami akan selalui melakukan penyesuaian setiap saat 

Permasalahan

Implementasi yang lambat

Sistem informasi tidak selalu segera bisa dioperasikan oleh para pengguna. Hal ini bisa dikarenakan tidak meratanya literasi komputer dari para pengguna, bisa juga karena terbatasnya waktu untuk mempelajari sistem yang baru.

Hal ini tentu saja akan menyebabkan tidak optimalnya kinerja manajemen perguruan tinggi.

Solusi

Kerjasama operasional

Dengan SKO, tim Sikampus akan melakukan pendampingan untuk pengguna secara intensif sehingga proses transfer pengetahuan akan lebih cepat terwujud.

Jika diperlukan, tim Sikampus akan turut mengoperasikan sistem sehingga dapat membantu perguruan tinggi bisa segera mendapatkan manfaat dari sistem informasi yang dikembangkan. 

Permasalahan

Perawatan sistem yang mahal

Mengembangkan sistem informasi memang tidak mudah. Melakukan perawatan sistem akan lebih sulit lagi. Terjadinya kesalahan input data, ketidaksesuaian laporan, server yang down adalah beberapa permasalahan yang sering terjadi selama pengoperasian sistem informasi.

Untuk itu diperlukan sebuah tim yang bertanggung jawab untuk melakukan perawatan. Masalahnya membentuk tim yang merawat sistem informasi akan membutuhkan biaya besar. Merekrut staf di bidang IT membutuhkan gaji bulanan yang tinggi, terlebih lagi akan dibutuhkan beberapa orang untuk dapat menangani sistem agar tetap bekerja dengan baik.  

Solusi

Perawatan berkelanjutan

Dengan SKO, perawatan sistem menjadi salah satu tugas yang akan dikerjakan oleh tim Sikampus. Perawatan akan terus dilakukan secara berkelanjutan selama kontrak kerja berlangsung.

Dengan demikian perguruan tinggi tidak perlu membentuk tim IT sehingga bisa menghemat anggaran untuk dialokasikan pada hal lain yang lebih bermanfaat.

Ingin mendengar lebih banyak lagi tentang Sistem Kerjasama Operasional Sikampus?

Segera hubungi kami. Kami dengan senang hati akan menghubungi Anda.